Selasa, 08 Januari 2013

Musium Bank Indonesia

Diposting oleh Sophie-chan di 09.33


Indonesia memili banyak sekali tempat wisata, ada wisata hiburan, religi, dan juga pendidikan. Yang termasuk dalam wisata pendendidikan yaitu Musium. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali musium, seperti musium sejarah, perjuangan, hewan, bank, dan benda-benda lainnya. Salah satu musium yang cukup terkenal yaitu 'Musium Bank Indonesia', musium ini terletak di kota Jakarta, tepatnya di Jl. Pintu Besar Utara NO.3, Jakarta Barat, atau di kawasan Kota Tua, Jakarta. Musium ini berada tepat di samping Musium Bank Mandiri, dan juga di depan stasiun Beos Kota. Musium ini buka setiap hari kecuali pada hari senin dan hari libur nasional.
Dulunya, musium ini merupakan Rumah Sakit Binnen Hospital. Pada tahun 1828 gedung ini digunakan oleh De Javasche Bank, lalu digunakan sebagain bank Indonesia dan menjadi musium bank Indonesia.
Kita tidak perlu membayar untuk memasuki musium ini, pengunjung yang datang akan melewati ruang peralihan terlebih dahulu, dalam ruangan ini akan ada layar putih yang menampilkan gambar uang logam. Kemudian di ruang selanjutnya kita dapat membaca sejarah musium ini yang terdapat didalam tulisan, disini juga terdapat pakaian para pejuang Indonesia yang sengaja di pajang, berbagai pameran lainnya, dan bahkan  naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.


Koleksi yang ada di musium ini antara lain: Uang logam dan kertas dari berbagai negara, koleksi film, dan benda-benda yang berhubungan dengan perbankan seperti mesin hitung, timbangan emas, mesin tik, lemari brankas, dan lain sebagainya.


Selain itu, didalam musium ini juga terdapat tempat penitipan barang, cendremata, dan lain lain.
Tujuan adanya musium ini yaitu untuk memberikan informasi kepada masyarakat Indonesia tentang bank Indonesia, antara lain latar belakang dan dampak kebijakan dari bank Indonesia itu sendiri, informasi ini dapat di lihat di papan informasi, koleksi, dan film yang diputar didalamnya.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar

 

Template Copy by Blogger Templates | BERITA_wongANteng |MASTER SEO |FREE BLOG TEMPLATES